Faktor Internal untuk kesuksesan ternak ayam broiler/potong/pedaging

dalam beternak ayam broiler ada 2 faktor penting yang perlu diperhatikan, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. kemarin saya juga sudah membahas tentang 2 faktor ini. judul artikel Faktor sukses berternak ayam broiler. dalam tulisan kali ini kami akan membahas tentang Faktor Internal atau manajemen kandang.

Faktor internal ini sangat penting untuk diperhatikan untuk kesuksesan peternakan ayam broiler anda. Faktor internal diantaranya:
a. kandang dan juga sanitasi kandang

Sebelum memulai usaha ternak broiler, persayaratan awal yang harus disiapkan adalah kandang. Buatlah kandang yang memenuhi syarat-syarat teknis dan kesehatan ternak. hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu:

- atap kondisi baiktidak bocor waktu hujan,

-ventilasi cukup dan sinar matahari tidak dapat masuk secara langsung ke dalam kandang.

-antar kandang tidak terlalu rapat, dengan jarak minimal antar kandangselebar satu kandang.

-Saluran-saluran air atau pembuangan di sekitar kandang harus lancar. Lantai kandang harus miring ke satu atau dua arah untuk mempercepat proses pembersihan dan mencegah menggenangnya air di dalam kandang.

-Bahan-bahan dan konstruksi kandang harus kuat dan tahan lama sehingga tidak cepat rusak ataupun membahayakan pekerja.
b. Manajemen pemeliharaan

Setelah faktor kandang dan juga sanitasinya semua sudah dipersiapkan secara baik dan sesuai prosedur berternak ayam broiler. Maka langkah selanjutnya adalah faktor manajemen pemeliharaan.  Manajemen yang baik akan meningkatkan efisiensi faktor-faktor produksi, sehingga memperkecil beban pengeluaran, yang pada akhirnya dapat memperbesar keuntungan yang diperoleh.
c. perlengkapan dan peralatan kandang

Peralatan kandang yang vital seperti tempat pakan (feeder), tempat minuman (drinker), pemanas, seng pelindung anak ayam (chick guard), layar/tirai penutup kandang dan alat semprot desinfektan (sprayer) harus tersedia dalam jumlah yang cukup.  Sebab jika peralatan tersebut kurang dari kebutuhan berdasarkan jumlah ayam yang dipelihara, dapat menimbulkan problem- problem : berat badan standar akan sulit tercapai. Jumlah ayam yang kerdil akan tinggi. Problem penyakit yang timbul akan lebih sering dan sulit untuk diatasi. Angka kematian tinggi serta kualitas rata-rata ayam secara keseluruhan akan jelek.

3 hal diatas perlu anda perhatikan untuk kesuksesan dalam berternak ayam broiler. Tapi masih ada faktor eksternak untuk menujang kesuksesan berternak ayam potong ini. faktor eksteral akan dijelaskan dalam artikel selanjutnya.


cuaca kurang bersahabat?? butuh suplemen untuk menjaga ketahanan ayam, supaya ayam lebih fit, nafsu makan bagus, bobot jadi.. VITAMAX + IMUNOMAX solusinya.. memiliki kandungan yang super komplit, natural vitamin, chelated mineral, asam amino, PREBIOTIC, enzym dll. order call / sms 081392540789 / 085743647769 / pin 315DC376

Comments

Powered by Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


four × = 28

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>