Evaluasi penting untuk kesuksesan ternak ayam broiler

Jika anda saat ini memiliki usaha peternakan ayam broiler atau ayam potong, tentu anda ingin setiap anda panen hasilnya bagus. Bagus baik bobot ayam maupun harga pasar. Baik anda sebagai peternak mandiri atau bermitra dengan perusahaan. Evaluasi hanya salah satu faktor dari beberapa faktor lain seperti manajemen pemeliharaan, manajemen pakan da juga manajeman obat dan supplement.

Besar atau kecil populasi peternakan ayam broiler anda, evaluasi tetap penting dilakukan. Evaluasi tentu bisa untuk meningkatkan performa pada periode pemeliharaan yang akan datang. Evaluasi bisa sebagai acuan pada pemeliharaan kedepan. Evaluasi didefinisikan sebagai proses pengawasan dan pengendalian performa perusahaan untuk memastikan bahwa jalannya perusahaan telah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan (id.wikipedia.org). Bagi peternak, evaluasi sangat membantu dalam menemukan masalah yang ada yang selanjutnya memperbaiki hal tersebut agar peternakan bisa berjalan lebih optimal dibanding sebelumnya.

Nah dalam evaluasi ini tentu diperlukan parameter untuk mengukur tingkat keberhasilan anda dalam berternak ayam pedaging. Ayam broiler memiliki masa panen yang relatif singkat, tidak sampai 2 bulan sudah panen biasanya antara 33-37 hari panen. Selain masa panen yang relatif singkat perputaran uangnya juga besar.

Peluang usaha ayam broiler bisa anda manfaatkan sebagai usaha yang cukup menjanjikan, asal dikelola dengan manajemen yang baik. Baik anda mandiri maupun bermitra dengan perusahaan. Namun ada baiknya mulailah ternak ayam broiler dari populasi yang kecil dulu.

Kembali ke parameter evaluasi ternak ayam broiler biasanya ada yang namanya index performance ( IP ), IP untuk mengukur tingkat keberhasilan ternak ayam broiler anda. dibawah ini parameter rumus untuk menghitung IP:

IP = ((100 – D) x BB x 100)/
( FCR x (A/U))
Keterangan :
IP : Indeks performan
D : persentase deplesi (%)
BB : bobot badan rata-rata saat panen (kg)
FCR : feed conversion ratio
A/U : umur rata-rata panen (hari)

Semakin tinggi IP peternakan ayam broiler anda berarti semakin baik performa ayam anda. Namun ada standar batasan IP dikatakan baik, yaitu diatas 300.

Nah untuk mendapatkan IP yang baik salah satu faktor pendukung adalah FCR yang baik. Jika anda ingin ternak ayam broiler anda memiliki FCR bagus dan bobot tinggi, gunakan VITAMAX, supplement alami ayam broiler dan unggas dengan kandungan yang super komplit. Vitamin, asam amino, prebiotic, mineral, enzym dan zat-zat lain yang diperlukan ayam broiler. Vitamax menjamin efisiensi pakan yang dirubah menjadi daging ayam potong. minat? klik disini untuk keterangan lebih lengkap

atau call/sms : 081392540789/ Isnan


cuaca kurang bersahabat?? butuh suplemen untuk menjaga ketahanan ayam, supaya ayam lebih fit, nafsu makan bagus, bobot jadi.. VITAMAX + IMUNOMAX solusinya.. memiliki kandungan yang super komplit, natural vitamin, chelated mineral, asam amino, PREBIOTIC, enzym dll. order call / sms 081392540789 / 085743647769 / pin 315DC376

Comments

Powered by Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


× two = 16

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>