Air minum system nipple untuk ayam broiler anda

Air adalah hal yang sangat penting untuk kehidupan baik dalam peternakan/hewan maupun untuk manusia, tanpa air yang cukup ternak ayam broiler tidak akan berlengsung sukses. Hewan ternak akan bias bertahan lebih lama tanpa makan dibandingkan dengan tanpa air. Disinilah letak pentingnya air untuk peternakan ayam broiler kita. Broiler bisa mati jika broiler kehilangan air sampai 10% dari berat badan.
Sistem nipple sudah cukup popular digunakan oleh para peternak ayam broiler beberapa tahun terakhir. Sistem nipple dapat mengurangi kontaminasi dari partikel – partikel debu dan kotoran lain yang berasal dari area sekitar atau bahkan dalam kandang unggas sendiri. Selian dapat mengurangi pekerjaan anak kandang juga dapat menghemat penggunaan air minum, tetapi bukan berarti bahwa perhatian terhadap manajemen lainnya diabaikan.

Air minum system Nipple
Kebutuhan untuk 10 ekor ayam broiler adalah 1 unit nipple ( broiler management Guides, by ISA Hubbard,2000). Kuncinya dalam penggunaan system nipple ini adalah menjaga supaya aliran air dalam pipa lancer. Nah supaya nipple airnya lancar sebaiknya nipple rutin di flushing supaya aliran air dalam pipa lancar.
Ketinggian ipple dari ayam sebaiknya selalu di control supaya semua ayam mendapat air minum yang cukup. Posisi nipple juga harus selalu dikontrol agar dalam kondisi lurus dan tidak bengkok.

Cara membersihkan air minum system Nipple

Secara rutin dan dalam kondisi normal nipple cukup diberi aliran air denga tekanan yang lebih tinggi atau biasa disebut dengan flushing. Bisa juga dengan menggunakan bahan pembersih seperti vinegar, sebaiknya vinegar digunakan tidak lebih dari 3 jam saat didalam nipple.
Nipple bias digunakan juga untuk member vaksin maupun obat, namun sebaiknya setelah selesai pemberian obat maupun vaksin nipple di flushing. Filter air di cek kondisinya, dan tekanan air selalu diatur di regulator.
Setelah masa panen ayam broiler, sebaiknya nipple dilepas dan dibersihkan, supaya tidak cepat rusak. Pisahkan tiap bagian pipa , cuci atau bilas dega air bertekanan tinggi, supaya kotoran dalam pipa terbuang. Setelah nipple dalam kondisi bersih simpan digudang penyimpanan peralatan.
Selain menggunakan system nipple kualitas air tetap harus terus dijaga, uji kualitas air bias dilakukan secara berkala tiap 6 bulan atau tergantung kasus dalam kondisi kandang. Diharapkan dengan menggunakan system nipple untuk air minum ayam broiler agar performa ayam broiler baik.
Semoga ternak ayam broiler anda berjalan optimal, dan jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal dalam budidaya ayam broiler anda bisa menggunakan suplemen ayam broiler VITAMAX. Vitamax telah terbukti di ratusan ribu populasi ayam broiler dan unggas lainnya. jaminan FCR turun/bobot naik/angka kematian berkurang.

Butuh vitamax? Call: 081392540789


cuaca kurang bersahabat?? butuh suplemen untuk menjaga ketahanan ayam, supaya ayam lebih fit, nafsu makan bagus, bobot jadi.. VITAMAX + IMUNOMAX solusinya.. memiliki kandungan yang super komplit, natural vitamin, chelated mineral, asam amino, PREBIOTIC, enzym dll. order call / sms 081392540789 / 085743647769 / pin 315DC376

Comments

Powered by Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>