penyakit ayam broiler : Penyebab ayam broiler cekrek / ngorok

Ayam sehat tentu menjadi dambaan setiap peternak ayam broiler. JIka ayam sudah terserang penyakit, tentu performa akan sulit dikejar. Idealnya adalah ayam dalam kondisi sehat, bobot masuk dan FCR dibawah standar. Ini tentu keadaan ideal yang diharapkan oleh setiap peternak, namun jika ayam dalam kondisi sakit tentu akan cukup susah memaksimalkan performa ayam broiler anda.

Penyakit yang umum ada dalam peternakan ayam broiler adalah penyakit cekrek / ngorok / CRD. Penyakit yang biasa datang jika manajemen dan bioscurity kurang ketat. Nah jika anda sudah tahu penyebab penyakit cekrek pada ayam broiler, tentu anda akan lebih berhati-hati dalam pemeliharaan. Dibawah ini akan saya uraikan beberapa penyebab penyakit cekrek pada ayam broiler :

1. Sirkulasi udara yang kurang baik

Udara yang terlalu pengap tentu akan membuat pernapasan ayam kurang optimal, cekrek bisa disebabkan oleh sirkulasi udara yang kurang bagus. Jika sirkulasi udara kurang bagus, bau amonia akan berputar-putar di seputar kandang. Jika terhirup terus menerus oleh ayam tentu akan berakibat kurang baik.

2. Faktor cuaca

Cuaca yang ekstrim panas kemudia ekstrim dingin tentu akan membuat stamina ayam kurang bagus. JIka kondisi stamina kurang bagus, akan  mudah terkena serangan penyakit terutama cekrek dan lainnya.

3. Desinfeksi kandang kurang optimal

Desinfeksi kandang yang kurang optimal bisa berakibat pada masih ada sumber penyakit yang menempel pada kandang maupun peralatan kandang. Nah sebaiknya pilih desinfektan yanag memiliki daya basmi bakteri dan virus yang baik.

4. kualitas air minum

Air minum memang bisa menjadi sumber penyakit jika kualitas airnya tidak bagus. Nah usahakan sumber air minum agak jauh dari kotoran ayam broiler anda. jarak kira-kira 10 m agar aman dari sumber bakteri dari kandang. Penyaringan air juga diperlukan agar kualitas air terjaga.

5. Sekam

Sekam yang basah bisa menjadi sumber penyakit

6. Kualitas pakan

pakan yang sudah lama disimpan digudang kadang sudah berjamur. pakan yang berjamur ini bisa berakibat pada sakitnya ayam, karena pakan yang berjamur ada sumber penyakit.

6 hal diatas bisa menyebabkan penyakit cekrek pada ayam broiler anda. usahakan 6 hal diatas bisa anda tanggulangi sebelum penyakit cekrek merajalela..

salam sukses!!


cuaca kurang bersahabat?? butuh suplemen untuk menjaga ketahanan ayam, supaya ayam lebih fit, nafsu makan bagus, bobot jadi.. VITAMAX + IMUNOMAX solusinya.. memiliki kandungan yang super komplit, natural vitamin, chelated mineral, asam amino, PREBIOTIC, enzym dll. order call / sms 081392540789 / 085743647769 / pin 315DC376

Comments

Powered by Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


seven − = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>