Penyebab berat badan ayam broiler tidak merata

berat ayam broiler merataSetiap peternak ayam broiler pasti menginginkan performa ayam broiler yang baik, bobot ayam yang tinggi dan juga efisiensi pakan yang tinggi. Efisiensi pakan yang tinggi bisa ditunjukkan dengan nilai FCR yang kecil. Namun demikian biasanya mendapatkan berat ayam broiler yang merata memang tidaklah mudah, banyak faktor yang akan berpengaruh.  Mendapatkan berat badan ayam broiler yang merata dan juga memiliki berat rata-rata diatas standar pasti menjadi dambaan peternak ayam broiler.

Bisa dipastikan jika berat merata dan juga bobot ayam broiler diatas rata-rata maka peternak akan mendapatkan keuntungan ( jika ikut pt inti ) namun jika anda mandiri tentu masih ada faktor harga jual yang berpengaruh. Nah jika anda mendapatkan berat badan ayam broiler anda kurang merata mungkin ini bisa menjadi penyebabnya:

1. Tempat makan kurang

tempat makan dan juga asupan pakan akan menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ayam broiler. Standar tempat makan dan tempat minum ada dibawah ini :

Jenis Umur Perbuah Untuk
Feeder tray (nampan) 

 

Tempat pakan gantung 5 kg

Tempat pakan gantung 10 kg

 

Tempat pakan gantung 5 kg

Tempat pakan gantung 10 kg

 

Tempat minum otomatis

Tempat minum manual

 

Tempat minum otomatis

Tempat minum manual

0 – 3 hari4 – 7 hari8 – 10 hari

 

11 – 15 hari

11 – 15 hari

 

16 – panen

16 – panen

 

0 – 10 hari

0 – 10 hari

 

11 – panen

11 – panen

80 ekor60  ekor40  ekor

 

30 – 35 ekor

35 – 40 ekor

 

20 – 25 ekor

30 – 35 ekor

 

100 – 120 ekor

60   – 80   ekor

 

60 – 80 ekor

30 – 35 ekor

Usahakan tempat makan baik feeder tray / baby chick feeder saat masa brooding maupun selepas masa brooding jumlah tempat makan tercukupi. Karena kalo tempat makan kurang tentu saja ayam akan berebut.

2. Tempat minum kurang

sama halnya dengan tempat minum untuk ayam broiler, jumlah dan kuantitarnya usahakan selalu tercukupi. Jika tempat minum kurang biasanya akan ada ayam yang kurang minumnya, kekurangan air minum tentu saja akan mengganggu proses pertumbuhan dan produksi. Untuk tabel kebutuhan tempat minum ada diatas ya.

3. Pola pemberian pakan

Selalu dan terus kebutuhan pakan ayam secara merata, maksutnya usahakan semua ayam dalam satu kandang tercukupi kebutuhan pakannya. Usahakan pola pemberian pakan juga memudahkan ayam untuk bisa mendapatkan jatah pakan sesuai porsinya. Untuk masa brooding biasa pakan ayam broiler selalu dikasih sesuai kebutuhan ayam, sedangkan selepas masa brooding atau masuk minggu IV biasanya pemberian pakan sudah dijadwal. ada beberapa pola yang bisa diberikan. misal nya pagi 25 % sore 75 % ada juga yang 20% pagi , 60% sore dan tengah malam 20%.. silahkan diimprovisasi sendiri.

4. Masa brooding kurang optimal

saat masa brooding adalah masa2 yang sangat penting untuk pertumbuhan selanjutnya pada masa setelah brooding. bobot minimal minggu pertama adalah 4x bobot DOC, ini untuk menjadi pathokan gampangnya. keberhasilan masa brooding adalah keseragaman pada ayam broiler. untuk tujuan hasil brooding sudah pernah kami tulis judul sasaran brooding ayam broiler

5. Kurang pola keseragaman

Maksut dari pola keseragaman adalah mencari ayam dengan kondisi yang sebanding, misalnya dengan metode sexing. Dibedakan antara ayam jantan dan betina saat membuat skat brooding. Supaya tidak ada yang kalah atau menang. Biasanya akan terbentuk keseragaman yang lebih baik dengan pola ini.

Untuk mengawal 5 hal diatas ada baiknya jika anda menggunakan produk suplemen untuk memacu pertumbuhan dan juga sebagai suplemen untuk pertumbuhan optimal. Supaya ayam tumbuh rata dan bobot juga oke. Anda bisa menggunakan VITAMAX dan juga IMUNOMAX untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang mungkin masih kurang dari pakan.

Semoga tips diatas berguna dalam usaha budidaya ayam broiler anda.

 


cuaca kurang bersahabat?? butuh suplemen untuk menjaga ketahanan ayam, supaya ayam lebih fit, nafsu makan bagus, bobot jadi.. VITAMAX + IMUNOMAX solusinya.. memiliki kandungan yang super komplit, natural vitamin, chelated mineral, asam amino, PREBIOTIC, enzym dll. order call / sms 081392540789 / 085743647769 / pin 315DC376

Comments

Powered by Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− four = 1

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>